Main Article Content

Tiara Dwi Yunianti
Antarini Idriansari
Bima Melvin Girsang

Tujuan: Metode glenn doman adalah salah satu bentuk stimulasi yang dapat diberikan untuk meningkatkan
perkembangan anak, terutama perkembangan bahasa dan kognitif. Metode glenn doman yang diberikan yaitu
flash card dan dot card. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode glenn doman terhadap
perkembangan bahasa dan kognitif anak prasekolah di TK Ladas Berendai Kota Prabumulih.
Metode: Desain penelitian pada penelitian ini menggunakan metode pre eksperimental design dengan
rancangan one group pretest posttest. Jumlah sampel sebanyak 20 anak yang diambil dengan cara purposive
sampling. Uji yang digunakan yaitu Marginal Homogeniety.
Hasil: Pada anak prasekolah sebelum diberikan metode glenn doman perkembangan bahasa hanya 5% yang
berada dalam kategori baik dan 40% perkembangan kognitif dalam kategori baik, setelah diberikan metode
glenn doman perkembangan bahasa menjadi 75% dalam kategori baik dan perkembangan kognitif menjadi
95% dalam kategori baik, dengan p value = 0,000. Simpulan: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pada
perkembangan kognitif dan bahasa anak sebelum dan setelah diberikan metode glenn doman, dengan p value = 0,000 yang berarti bahwa terdapat pengaruh metode glenn doman terhadap perkembangan bahasa dan
kognitif anak usia prasekolah di TK Ladas Berendai Kota Prabumulih Tahun 2013.

Keywords: Glenn Doman perkembangan bahasa perkembangan kognitif anak prasekolah