PENGARUH PEER EDUCATION TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG INFEKSI MENULAR SEKSUAL PADA WANITA PEKERJA SEKS TIDAK LANGSUNG
Main Article Content
Tujuan: Infeksi menular seksual (IMS) merupakan suatu gangguan penyakit yang disebabkan oleh
bakteri, jamur, virus, dan parasit yang dapat ditularkan melalui hubungan seks (baik melalui vagina, oral
maupun anus) dengan berganti-ganti pasangan. Penelitiaan ini dalah pendidikan kesehatan salah satunya
dengan metode peer education untuk meminimalisir penyebaran dan komplikasi yang terjadi. Penelitian
ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh peer education terhadap pengetahuan tentang infeksi menuar
seksual pada wanita pekerja seks tidak langsung.
Metodologi: Penelitian ini menggunakan desain quasi experimental dengan pre dan post tests one groups.
Sampel dalam penelitian ini adalah wanita pekerja seks tidak langsung di panti pijat kota Palembang yang
berjumlah 44 orang.
Hasil: Hasil analisis menggunakan uji t-paired menunjukkan bahwa peer education berpengaruh terhadap
pengetahuan WPS tidak langsung dengan p value = 0,001 baik pada peer educator maupun pada anggota.
Simpulan: Berdasarkan hasil penelitian bahwa peer education dapat dijadikan sebagai salah satu metode
mempengaruhi pengetahuan WPS tidak langsung terhadap penyakit IMS dan diharapkan penerapan peer
education dapat lebih sering diterapkan dan menjadi salah satu program pelayanan kesehatan dinas sosial
dan dinas kesehatan untuk mencegah penyebaran dan komplikasi penyakit IMS.