Main Article Content

MI Ekatrina Wijayanti
Yulia Wardani
Sri Hari Ujiningtyas

Tujuan: Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran soft skill yang dibutuhkan oleh unit
pelayanan kesehatan.
Metode: Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif berupa survey, dengan
populasi adalah pimpinan rumah sakit seluruh Indonesia berdasarkan data depkes tahun 2009 berjumlah
1114. Sampel diambil dengan cara quota sampling, setiap provinsi diambil 30% dari jumlah rumah sakit yang
ada dengan katagori rumah sakit pemerintah, rumah sakit swasta serta rumah sakit khusus (rumah sakit jiwa,
rumah sakit bersalin, rumah sakit mata). Selanjutnya dilanjutkan dengan simple random sampling didapatkan
jumlah sampel 334 rumah sakit dengan total sampel 50.
Hasil: Hasil penelitian ini mengidentifikasikan bahwa soft skills yang dibutuhkan oleh pimpinan rumah sakit
dalam konteks kemampuan komunikasi adalah kemampuan menyampaikan informasi dengan jelas. Soft skills
yang dibutuhkan dalam konteks sikap yaitu kejujuran, loyalitas dan pengetahuan bidang keperawatan. Soft
skills yang dibutuhkan dalam konteks ketrampilan adalah bisa menjamin keselamatan pasien, kemampuan
mengidentifikasi masalah dan kemampuan merencanakan pekerjaan dengan baik.
Simpulan: Penelitian ini memberikan informasi bagi institusi pendidikan keperawatan dalam menyiapkan
soft skills lulusannya dengan meningkatkan kemampuan memberikan informasi, menumbuhkembangkan
sikap jujur, loyal dan kompeten juga terampil dalam keselamatan pasien, mengidentifikasi masalah dan
merencanakan pekerjaan dengan baik.

Keywords: soft skills pelayanan kesehatan