HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN EMOSI ANAK USIA DINI 5 - 6 TAHUN
Main Article Content
Tujuan : Perkembangan sosial emosional merupakan salah satu perkembangan yang harus ditangani secara khusus, karena perkembangan sosial emosional anak harus dibina pada masa kanak-kanak awal atau bisa disebut masa pembentukan. Salah satu faktor mempengaruhi perkembangan emosional anak adalah pola asuh orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan emosi anak umur 5 - 6 tahun di TK Pertiwi Kendalrejo Desa Kendalrejo Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk.
Metode: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional . Populasi penelitian ini seluruh anak di TK Pertiwi Kendalrejo Desa Kendal rejo Kec. Bagor Kab. Nganjuk. usia 5-6 tahun sebanyak 24 anak yang dimana seluruh populasi tersebut merupakan sampel dari penelitian ini. Teknik sampling atau cara pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan non-probability sampling jenis total sampling.
Hasil: hasil dari penelitian menunjukkan bahwa hampir seluruh responden memiliki pola asuh otoriter sejumlah 22 (91,7%), dan Perkembangan emosi anak sebagian besar responden memili emosi kemungkinan masalah mental emosional sejumlah 15 (62,5%).Hasil uji Rank Spearman’ dengan derajat kesalahan α = 0,05 diperoleh nilai p = 0,001 < α = 0,05. Hal ini berarti H1 diterima.
Simpulan: Ada hubungan antara pola asuh orangtua dengan perkembangan emosi anak pada usia 5-6 tahun di TK Pertiwi Kendalrejo Desa kendalrejo Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk tahun pelajar 2022/2023.
2. Yenti S. Perkembangan sosial emosional anak usia dini (paud) : studi literatur. J chem inf model 2021 ; 53 (february):2021.
3. Rahayu Tresna Dewi, A. et al. (2020) ‘Perilaku Sosial Emosional (Dewi; Mayaksaroh; Gustiana Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini’, Jurnal Golden Age, 04(1), pp. 181–190.
4. Shellya Dwi Fanny 1, A. M. N. 2 , S. T. (2023) ‘3. Fanny’, Sinar Jurnal Kebidanan, 5 (Vol 5, No1), p. 52.
5. Puspita Sari, P. and Mulyadi, S. (2020) ‘Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini’, Jurnal Paud Agapedia, 4(1), pp. 157–170. doi: DOI: https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27206.
6. Mustabsyiah, L. and Formen, A. (2020) Hubungan Pola Asuh Orangtua Terhadap Perkembangan Sosial Emosi Anak Pada Sikap Tanggung Jawab, Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.
7. Susilowati, E. and Surani, E. (2020) ‘Perkembangan Mental Emosional Anak Usia Pra Sekolah Berdasarkan Pola Asuh’, Jurnal Kesehatan Masyarakat Khatulistiwa, 7(2), pp. 54–61.
8. Nursalam (2016) Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Ners Unair Repository. Jakarta, Indonesia: Salemba Medika.
9. Wandasari, Y. (2019) ‘Peran Sosialisasi Emosi Oleh Ibu & Ayah Terhadap Regulasi Emosi Anak Usia Dini’, Jurnal Experentia, 1(2), pp. 12–20.
10. Koşkulu-Sancar, S. et al. (2023) ‘Examining the role of parents and teachers in executive function development in early and middle childhood: A systematic review’, Developmental Review, 67. doi: 10.1016/j.dr.2022.101063.