Main Article Content

Sri Wardani
Reni Zulfitri
Rismadefi Woferst

Tujuan: Poliklinik Geriatri merupakan pelayanan medis kepada pasien lanjut usia yang mengalami penurunan fungsi fisik, psikis, sosial, ekonomi, dan lingkungan. Kepuasan pasien dan keluarga adalah indikator penting dari kualitas layanan, mencerminkan bagaimana harapan dan keinginan mereka terpenuhi terhadap pelayanan geriatri. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tingkat kepuasan keluarga terhadap pelayanan keperawatan lansia di Poliklinik Geriatri RSUD Arifin Achmad.


Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan pendekatan observasional deskriptif. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Juli 2024 dengan menggunakan kuesioner tingkat kepuasan. Responden penelitian ini adalah keluarga pasien yang dirawat di rumah sakit. Populasi penelitian ini adalah seluruh keluarga pasien di fasilitas tersebut, dengan jumlah sampel sebanyak 97 orang yang dipilih melalui teknik total sampling, di mana seluruh anggota populasi yang memenuhi kriteria inklusi diikutsertakan dalam penelitian. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis data univariat, yang bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik tingkat kepuasan keluarga pasien terhadap pelayanan yang diterima.


Hasil: Penelitian menunjukkan bahwa 92,8% keluarga pasien merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Dengan masing-masing persentase perdimensi, 59,8% responden merasa puas dengan pelayanan dimensi tangible, 61,9% responden merasa puas dengan pelayanan reliability, 70,1% responden puas terhadap dimensi responsivness, 74,2% merasa puas pada dimensi assurance dan 58.8% merasa puas dengan dimensi empathy


Simpulan: Temuan ini menunjukkan bahwa secara umum, pelayanan keperawatan lansia di poliklinik ini memuaskan, namun masih terdapat beberapa aspek yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan kepuasan lebih lanjut. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan berharga untuk meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan lansia dan menjadi dasar untuk perbaikan berkelanjutan dalam pelayanan untuk memastikan bahwa kebutuhan dan harapan keluarga pasien selalu terpenuhi.

Keywords: Lansia Pelayanan Keperawatan Poli Geriatri Tingkat Kepuasan
1. Kusuma GADSL. Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Poliklinik Geriatri RSD Idaman Banjarbaru Tahun 2020. Universitas Islam Kalimantan MAB; 2020.
2. RI KK. Bersama Lansia Keluarga Bahagia. Jakarta Pus Data dan Inf Kementeri Kesehat RI. 2021;
3. Larasati RA, Safitri D. Gambaran Kepuasan Lansia Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan Poli Lansia Puskesmas Ciputat Kota Tangerang Selatan Tahun 2022. Muhammadiyah J Geriatr. 2023;4(1):90–8.
4. Shilvira A, Fitriani AD, Satria B. Pengaruh Kepuasan Pasien Terhadap Minat Kunjungan Ulang Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Bina Kasih Medan. J Ilmu Psikol dan Kesehat. 2023;1(3):205–14.
5. Tubagus S. Pendidikan Agama Kristen Lansia. CV. Mitra Cendekia Media; 2022.
6. Bachtiar I. Peran Keluarga Sebagai Support System Dalam Penyesuaian Diri Pasien Diabetes Melitus Berbasis Teori Adaptasi Callista Roy. Universitas Muhammadiyah Gombong; 2022.
7. Nurhayati S, Safitri HH, Apriliyanti R. Dukungan Keluarga Terhadap Lansia Pada Era Pandemi Covid 19. In: Prosiding Seminar Nasional UNIMUS. 2021.
8. Pane A. Tingkat kepuasan keluarga pasien terhadap pelayanan di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan. J Poltekes Bakti Mulia. 2020;
9. Salamah U, Purwanti E, Novyriana E. Gambaran Tingkat Kepuasan Keluarga Pasien Terhadap Pelayanan Di Igd Rs Pku Muhammadiyah Gombong. In: Prosiding University Research Colloquium. 2020. p. 205–12.
10. Cantika D, Tohar AA, Khairi Z. Membangun Harga Diri: Upaya Penguatan Pendidikan Karakter Remaja. Indones J Educ Dev Res. 2024;2(2):1271–80.
11. Octaviani C, Kartasasmita S. Pengaruh konsep diri terhadap perilaku konsumtif pembelian produk kosmetik pada wanita dewasa awal. J Muara Ilmu Sos Humaniora, Dan Seni. 2017;1(2):126–33.
12. Barratt M, Bail K, Paterson C. Children living with long‐term conditions: A meta‐aggregation of parental experiences of partnership nursing. J Clin Nurs. 2021;30(17–18):2611–33.
13. Yoo SY, Cho H. Exploring the influences of nurses’ partnership with parents, attitude to families’ importance in nursing care, and professional self-efficacy on quality of pediatric nursing care: A path model. Int J Environ Res Public Health. 2020;17(15):5452.
14. Rizal A, Jalpi A. Analisis Faktor Internal Penentu Kepuasan Pasien Puskesmas Kota Banjarmasin. Al Ulum J Sains Dan Teknol. 2018;4(1):1.
15. Putri P, Afandi AT, Aringgar D. Exploration of Characteristics and Patient Satisfaction at Jember Hospital. Nurs Sci J. 2021;5(1):35–40.
16. Wenham C, Smith J, Morgan R. COVID-19: the gendered impacts of the outbreak. Lancet. 2020;395(10227):846–8.
17. Al-Abri R, Al-Balushi A. Patient satisfaction survey as a tool towards quality improvement. Oman Med J. 2014;29(1):3.
18. Mudhofir LMF, Purwanti AS, Sulistiyah S. Pengaruh Pemberian Jus Buah Bit Terhadap Kadar Hemoglobin Pada Remaja Putri dengan Anemia Ringan di SMP Terpadu Ponorogo. J Sehat Indones. 2024;6(02):732–44.
19. Pradana AA, Silaswati S, Maryam RS, Abas I, Sumedi S, Triana N, et al. Peningkatan Kompetensi Keperawatan Geriatri Dasar pada Perawat di RSUD Pasar Minggu Jakarta. Poltekita J Pengabdi Masy. 2022;3(3):463–71.
20. Pratiwi LA, Yetti K, Mashudi D. Optimalisasi supervisi pemberian edukasi pasien dan keluarga pada rumah sakit di Jakarta Selatan. Dunia Keperawatan J Keperawatan dan Kesehat. 2020;8(2):231–42.
21. Ambariani A, Irawan G, Husin F, Madjid T, Sukandar H. Pengaruh Kualitas Pelayanan Puskesmas Santun Lansia Pada Kepuasan Pasien Lanjut Usia Di Puskesmas Santun Lanjut UsiaKabupaten Bogor Jawa Barat. J Pendidik Dan Pelayanan Kebidanan Indones. 2014;1(1):61–8.
22. Priatna A, Yusuf AM, Apriliani C. Analisis Kualitas Layanan Tokopedia Untuk Mengetahui Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Service Quality Di Karawang. E-Bisnis J Ilm Ekon Dan Bisnis. 2022;15(2):382–92.
23. Aida N, Ekasari A. Anteseden Intensi Mengunjungi Destinasi Pariwisata Berkelanjutan. In: Prosiding Seminar Nasional Pakar. 2019. p. 2–12.
24. Suci GAD, Asrinawaty, Jalpi A. Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Poliklinik Geriatri RSD Idaman Banjarbaru Tahun 2020. Pap Knowl Towar a Media Hist Doc. 2020;
25. Simarmata H, Rumayar AA, Wowor RE. Gambaran Kepuasan Pasien Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Terhadap Mutu Jasa Pelayanan Rawat Jalan Di Rumah Sakit Bhayangkara Tk. III Manado. J Kesehat Tambusai. 2023;4(3):2323–31.
26. Susanti A, Razak A, Muchlis N. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD Labuang Baji Makassar Pada Masa Pandemi Covid-19. An Idea Heal J. 2021;1(02):118–25.
27. Fardhoni. Pengaruh Pelayanan Keperawatan dan Kinerja Perawat terhadap Kepuasan Pasien. Pekalongan-Jawa Tengah: NEM-Anggota IKAPI. 2023;
28. Kiljunen O, Partanen P, Välimäki T, Kankkunen P. Older people nursing in care homes: An examination of nursing professionals’ self-assessed competence and its predictors. Int J Older People Nurs. 2019;14(2):1–11.
29. Gould D, Voelker DK, Griffes K. Best coaching practices for developing team captains. Sport Psychol. 2013;27(1):13–26.
30. Syafe’i I. Gambaran Kualitas Pelayanan Pada Instalasi Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Palangka Raya Tahun 2022. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta-FIKES; 2023.
31. Ariyanti F, Arofi S. Studi mutu (ServQual) dan kepuasan pasien berdasarkan akreditasi puskesmas. J Ilmu Kesehat Masy. 2021;10(03):180–90.
32. Lumi E, Musak RA, Tumiwa FF, Waworuntu MY, Surya WS. Edukasi tentang Penggunaan Aplikasi Mobile JKN pada Lansia di Kelurahan Lahendong Wilayah Kerja Puskesmas Lansot. J Hum Educ. 2024;4(3):1–6.
33. Carolin BT, Hisni D, Nurholisah S. Faktor Yang Berkaitan Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien. Cendekia Med J Stikes Al-Maarif Baturaja. 2023;8(1):64–72.
34. Yelverton V, Hair NL, Ghosh SH, Mfinanga SG, Ngadaya E, Baumgartner JN, et al. Beyond coverage: Rural-urban disparities in the timeliness of childhood vaccinations in Tanzania. Vaccine [Internet]. 2022;40(37):5483–93. Available from: https://www.scopus.com/inward/record.uri?eid=2-s2.0-85136601913&doi=10.1016%2Fj.vaccine.2022.07.020&partnerID=40&md5=99de50dcf0128b9b0d01de508ba64273
35. Dianawati. Pelayanan Geriatri Tingkat Sederhana dalam Upaya Peningkatan Kualitas Hidup Pasien Geriatri di RS Tugu Ibu. Indones J Heal Dev Vol1 No2, Sept 2019. 2019;