Main Article Content

Zidni Yuhbaba
Wahyi Sholehah Erdah Suswati
M. Elyas Arif Budiman
Hilla Lia Romadona

Tujuan: Remaja merupakan fase pencarian jati diri yang berdampak terhadap perkembangan emosional dan cenderung menimbulkan konflik. Hal ini  menyebabkan remaja terkadang sulit untuk  membedakan hal yang bersifat positif ataupun negatif, akibatnya remaja bisa menjadi orang yang memberontak ataupun melakukan perilaku agresif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program anti kekerasan melalui metode EVI (Education, Video, Ice breaking) terhadap kemampuan mengendalikan perilaku agresif pada remaja


Metode: Jenis penelitian ini menggunakan quasy experimental, desain penelitian posttest only control group dengan metode kuantitatif, lokasi penelitian di SMPS X Jember dengan jumlah populasi 163 remaja, sampel sebanyak 62 responden dengan menggunakan simple random sampling. Kriteria inklusi yaitu remaja usia 12-15 tahun. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan lembar observasi kemampuan mengendalikan perilaku agresif.


Hasil: Berdasarkan hasil uji ststistik Mann-Whitney, kemampuan mengendalikan perilaku agresif yaitu p-value sebesar 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak. Terdapat pengaruh program anti kekerasan melalui metode EVI terhadap kemampuan mengendalikan perilaku agresif pada remaja.


Simpulan: : Bagi sekolah bisa menambahkan program anti kekerasan melalui metode EVI dalam pembelajaran tambahan untuk meminimalisir terjadinya perilaku agresif pada remaja.

Keywords: perilaku agresif remaja edukasi
1. Yanizon A, Sesriani V. Penyebab Munculnya Perilaku Agresif Pada Remaja. KOPASTA J Progr Stud Bimbing Konseling. 2019;6(1):23–36.
2. Suswati WSE, Yuhbaba ZN, Budiman ME. Kesehatan Mental Pada Remaja Di Lingkungan Sekolah Menengah Atas Wilayah Urban Dan Rural Kabupaten Jember. J Keperawatan Jiwa Persat Perawat Nas Indones. 2023;11(3):537–44.
3. Budiman MEA, Yuhbaba ZN, Suswati WSE. Stress Adaptation to the Mental Resilience of Urban and Rural Adolescents in the Jember Regency. Dunia keperawatan J Keperawatan dan Kesehat. 2023;11(2):271–8.
4. Yuhbaba ZN. Perilaku Agresif Pada Remaja Di Lingkungan Sekolah Menengah Atas Wilayah Urban Dan Rural Kabupaten Jember. Prof Heal J. 2023;4(2):198–205.
5. Isnaini I, Malfasari E, Devita Y, Herniyanti R. Intensitas bermain game online berhubungan dengan perilaku agresif verbal remaja. J Keperawatan Jiwa. 2021;9(1):235–42.
6. Khaira W. Kemunculan Perilaku Agresif Pada Usia Remaja. J Intelekt Prodi MPI [Internet]. 2022;11:99–112. Available from: www.ilib.usm.ac.id,
7. Noviadi R, Budiningsih T., Martiarini N. Agresivitas Remaja Di Sekolah Menengah Atas Swasta Kabupaten “X.” Intuisi J Psikol Ilm. 2018;10(1):79–88.
8. Anggraini W, Rifani E, Prasetyo A. Faktor-Faktor Penyebab Perilaku Agresif Pada Remaja : Studi Literatur. Jambura Guid Couns J. 2023;4(1):39–44.
9. Enopadaria C. Hubungan Kontrol Sosial dengan Perilaku Agresif Pada Remaja di Kota Padang. J Inov Penelit. 2021;1(1):37–42
10. Muarifah A, Rofiah NH, Oktaviani F, Mujidin M. The Effect of Islamic Maternal Parenting Style on Adolescent Aggressiveness by Modulating Peer Social Interaction. Islam Guid Couns J. 2023;6(1):183–95.
11. Ferdiansa G, S N. Analisis perilaku agresif siswa. J Ris Tindakan Indones. 2020;5(2):8–12.
12. Nitakusminar M, Kesejahteraan P, Bandung S, Susilowati E, Koswara H. Intervensi Kontrol-Diri Terhadap Perilaku Agresif Anak Jalanan Di Kota Cimahi. PEKSOS J Ilm Pekerj Sos. 2020;19(2).
13. Sustiyono A. Perbedaan Efektifitas Metode Ceramah dan Media Video dalam Meningkatkan Pengetahuan Pembelajaran Praktikum Keperawatan Effectiveness Difference of Lecture Method and Video Use in Increasing Knowledge of Nursing Practice Learning. Faletehan Heal J. 2021;8(2):71–6.
14. Notoatmodjo S. Promosi kesehatan dan perilaku kesehatan. rineka cipta, 193. 2012;
15. Pertiwi WE, Annissa A. the Evaluation of Health Promotion Media Availability in Elementary Schools. J PROMKES. 2019;7(1):100.
16. Ashari AE, Ganing A, Mappau Z. Peningkatan Pengetahuan, Sikap dan Praktik Cuci Tangan Pakai Sabun. J Ilm Permas J Ilm STIKES Kendal. 2020;10(1):11–8.
17. Dinengsih S, Hakim N. Pengaruh Metode Ceramah Dan Metode Aplikasi Berbasis Android Terhadap Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Remaja. J Kebidanan Malahayati. 2020;6(4):515–22.
18. Arif Rahman Sholeh AR. Penerapan Ice Breaking Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar pada Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Guppi Cinini Indramayu. J Biol Educ Lang Res. 2022;20(1):105–23.
19. Adam A. Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. J Contemp Issue Elem Educ. 2023;1(1):29–37.
20. Notoatmodjo S. Journal Article, Jakarta. 2010. Ilmu Perilaku Kesehatan, Penerbit Rineka Cipta.