Main Article Content

Alya Rusmi Saputri
Zulian Effendi
Hikayati

Tujuan: stres akademik merupakan masalah utama kalangan mahasiswa di seluruh dunia termasuk Indonesia. Dampak negatif yang diakibatkan oleh stres akademik cukup besar seperti memperburuk kesehatan mental, kinerja, dan prestasi akademik mahasiswa. Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui efektivitas terapi mewarnai terhadap tingkat stres akademik mahasiswa keperawatan Universitas Sriwijaya.


Metode: penelitian kuantitatif eksperimen sederhana dengan teknik non randomize pretest post test with control group design. Sampel pada penelitian ini sebanyak 30 orang yang diperoleh dengan teknik purposive sampling yang dibagi menjadi kelompok kontrol dan kelompok intervensi. Uji yang digunakan yaitu Wilcoxon signed rank test dan Mann Whitney


Hasil: hasil  uji  statistik Mann Whitney menunjukkan p value 0,000.  Hasil ini menunjukkan adanya pengaruh terapi mewarnai terhadap tingkat stres mahasiswa keperawatan Universitas Sriwijaya


Simpulan: terapi mewarnai berpengaruh positif terhadap tingkat stres akademik mahasiswa keperawatan Universitas Sriwijaya.

Keywords: stres akademik terapi mewarnai mahasiswa keperawatan
1. Wardiani DA. Surakarta Saat Menjalani Skripsi Pada Masa Pandemi Covid-19 Program Studi Keperawatan Program Sarjana. J Kesehat Kusuma Husada. 2020;
2. Simbolon I. Reaksi Stres Akademis Mahasiswa Keperawatan Dengan Sistem Belajar Blok Di Fakultas Keperawatan X Bandung. J Sk Keperawatan. 2015;1(01):29–37.
3. Pertiwi GA. Pengaruh Stres Akademik dan Manajemen Waktu Terhadap Prokrastinasi Akademik. Psikoborneo J Ilm Psikol. 2020;8(4):738.
4. Maisa EA, Andrial A, Murni D, Sidaria S. Hubungan Stres Akademik dengan Kualitas Tidur Mahasiswa Keperawatan Tingkat Akhir Program Alih Jenjang. J Ilm Univ Batanghari Jambi. 2021;21(1):438.
5. Rosyidah I, Efendi AR, Arfah MA, Jasman PA, Pratami N. Gambaran Tingkat Stres Akademik Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Keperawatan Unhas. Abdi [Internet]. 2020;2(1):33–9. Available from: https://core.ac.uk/display/287297367?msclkid=547abde7a93211ec9abc57c66c7fa12a
6. Kountul YPD, Kolibu FK, Korompis GEC. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado. J KESMAS. 2019;7(5):1–7.
7. Yusuf NM, Yusuf JM. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Stres Akademik. Psyche 165 J [Internet]. 2020;13(02):235–9. Available from: https://jpsy165.org/ojs/index.php/jpsy165/article/view/84
8. Unal Y. The Effect of Colour on Human Body and Psychology. ISSNPrint) Int J Life Sci Res ISSN. 2020;3(4):2348–313.
9. Kurnia A, Ediati A. Pengaruh Coloring Mandala Terhadap Negative Emotional State Pada Mahasiswa. J EMPATI. 2018;7(2):160–6.
10. Rustam HK, Lidiawati D, Nurbaya S, Sirajuddin W, Mursalin NR. Pelatihan Manajemen Stres dan Coloring Mandala untuk Mengurangi Stres Pada Mahasiswa. Community Dev J. 2023;4(2):2399–403.
11. Hasnida D, Meutia A. The Effectiveness Mandala Therapy On Coping Stress. 2018;136(Icosop 2017):288–90.
12. Rizky AA, Widyastuti W, Ridfah A. Pengaruh mewarnai mandala dalam mengurangi stres pada narapidana di Lapas Kelas I Makassar. J Psikol Udayana. 2020;7(1):60.
13. Apriyana R, Widianti E, Muliani R. The Influence of Mandala Pattern Coloring Therapy Toward Academic Stress Level on First Grade Students at Nursing Undergraduate Study Program. NurseLine J. 2020;5(1):186.
14. Soejanto LT, Bariyyah K, Pambudi PR, Yaman DM. Art Therapy for Students Academic Stress. 2020;417(Icesre 2019):128–31.
15. Lepere AL. Can coloring reduce stress and increase working memory in the elderly? [Internet]. University of North Florida. 2017. Available from: https://digitalcommons.unf.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1796&context=etd
16. Kurt S, Osueke KK. The Effects of Color on the Moods of College Students. SAGE Open. 2014;4(1):215824401452542.