KEKHAWATIRAN IBU SAAT MENGETAHUI ANAKNYA BERKEBUTUHAN KHUSUS: SEBUAH PENDEKATAN DISKUSI KELOMPOK TERPIMPIN (FGD)
Main Article Content
Tujuan: Dalam penelitian difokuskan untuk mengetahui pendapat orang tua khususnya yang memiliki anak ABK, dimana diketahui bahwa ABK memiliki kebutuhan yang sangat komplek. Dan disisi lain peranan orang tua khususnya ibu dalam pengasuhan ABK menentukan.
Metode: Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dengan diskusi kelompok terarah. Jumlah partisipan yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah 28 orang tua, dipilih dengan teknik purpossive sampling. Kriteria yang ditetapkan adalah orang tua yang memiliki ABK di SLB C Kota Blitar. Pengumpulan data penelitian dilakukan selama dua hari pada tanggal 15-16 Januari 2024, data direkam menggunakan video recording dan selanjutnya dianalisis dengan tahapan pengumpulan data, reduksi, pengelompokan, dan penyajian data.
Hasil: Hasil penelitian didapatkan 7 tema yaitu ibu khawatir terkait finansial, masa depan anak, tidak mendapatkan dukungan sosial, mengatur perasaan dan stress pribadi, gangguan keharmonisan keluarga, perlu menyesuaikan rutinitas dengan anak, dan merawat diri pribadi ibu.
Simpulan: Karena proses adaptasi ibu dalam menerima ABK merupakan sebuah proses yang panjang maka diperlukan pemahaman dari ibu tentang bagaimana memenuhi kebutuhan ABK dan menyediakan dukungan sosial untuk membantu ibu.
2. Permatasari, Firza Zhela. (2021). Mengasuh anak Down Syndrome pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Sekolah PGSD FIP UNMED. Vol. 5 (1): 133-142.
3. Dwidiyanti, Meidiana, Badrul Munif, Agus Santoso, Ashri Maulida Rahmawati, and Rikhan Luhur Prasetya. (2021). Mindfulness-Based Application to Reduce Depression among Nursing Students during the COVID-19 Pandemic. 7(3):219–26.
4. Archi, Adisty, Ajeng Sri, Al Waridlatul, Arum Fatmawati. (2021). Pengalaman orang tua dalam merawat anak berkebutuhan khusus: literature review. Profesional Health Journal. Vol. 3 (1): 19-25.
5. Sujito, E. (2017). Dinamika Penerimaan Orang Tua Yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus. Surakarta: UMS.
6. Smith, A., Jones, B., & Johnson, C. (2017). The psychological impact of raising a child with autism: A longitudinal study. Journal of Autism and Developmental Disorders, 47(6), 1756-1768.
7. Johnson, C., Brown, E., & Miller, D. (2015). Understanding the emotional challenges of parenting a child with special needs: A qualitative study. Journal of Child and Family Studies, 24(12), 3542-3551.
8. Chodidjah S, Kusumasari AP. PENGALAMAN IBU MERAWAT ANAK USIA SEKOLAH DENGAN AUTIS. Jurnal Keperawatan Indonesia [Internet]. 2018 Jul. 23 [cited 2024 May 10];21(2):94-100. Available from: https://jki.ui.ac.id/index.php/jki/article/view/545
9. Priasmoro DP, Dradjat RS, Zuhriyah L, Lestari R. Factors Influencing Family Acceptance of People with Schizophrenia Receiving Care at Home: A Systematic Review. The Malaysian Journal of Nursing (MJN). 2023 Apr 30;14(4):183-91.
10. Doron, H.,&Sharabany, A. (2013). Marital pattern among parents to autistic children. Psychology, 4(4), 445–453.
11. Watson, S., Hayes, S., Radford-Paz, E., & Coon, K. (2013). “I’m hoping, I’am hoping..”. Thought about the future from families of children with autism or fetal alcohol spectrum disorder in Ontario. Journal of Developmental Disabilities, 19(3), 76–93.
12. Wang, Y., Xiao, L.,Chen, R.S., Chen, C., Xun, G.L., Lu, X.Z., ... Ou, J.J. (2018). Social impairment of children with autism spectrum disorder affects parental quality of life in different ways. Psychiatry Research, 266, 168–174.
13. Bashir, A., Bashir, U., Lone, A., & Ahmad, Z. (2014). Challenges faced by families of autistic children. International Journal of Interdisciplinary Research and Innovations, 2(1), 64–68.
14. Koegel, L., Matos-Fredeen, R., Lang, R., & Koegel, E. (2011). Intervention for children with autism spectrum disorders in inclusive school setting, cognitive, and behavioral practice.Cognitive and Behavioral Practice, 19 (3),401–412.doi: 10.1016/j.cbpra.2010.11.003.
15. Karst, J.S., & van Hecke, AV. (2012). Parent and family impact of autism spectrum disorders: A review and proposed model for intervention evaluation. Clinical Child and Family Psychology Review, 15(3), 247–277.