PENGARUH DIABETES SELF MANAGEMENT EDUCATION DENGAN AUDIOVISUAL TERHADAP SELF EFFICACY PADA PENDERITA DM TIPE 2
Main Article Content
Tujuan: Manajemen diri pasien DM dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah self-efficacy dimana rendahnya self efficacy berdampak pada rendahnya keberhasilan perawatan diri pasien DM. Peningkatan self efficacy ini bisa dilakukan pemberian DSME dengan metode audiovisual. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Diabetes Self Management Education (DSME) dengan metode audiovisual terhadap self efficacy pda pasien DM tipe 2.
Metode: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre eksperimental dengan rancangan penelitian one group pre test post test design. Jumlah sampel pada kelompok intervensi sebanyak 22 responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah r Diabetes Management Self Efficacy Scale. Analisis data menggunakan uji statistik Paired Sampel T Test.
Hasil: Hasil penelitian di dapatkan nilai mean pre test kelompok intervensi 34.6818 dengan standar deviasi 6.86181, sedangkan nilai mean post test 50.0455 dengan standar deviasi 6.72931. Setelah dilakukan analisa menggunakan uji statistik Paired Sampel T Test didapatkan hasil sig = 0.000 < 0.05, Terdapat pengaruh diabetes self management education (DSME) dengan metode audiovisual terhadap self efficacy pada pasien DM tipe 2.
Simpulan: Pemberian DSME dengan metode audiovisual sangat berperan penting untuk meningkatkan self efficacy pada penderita DM tipe 2 dalam melakukan kontrol gula darah, aktivitas fisik, pengaturan diet , rutin mengonsumsi obat dan managemen stress.