Main Article Content

Jessica Nuryanda Putri
Antarini Idriansari
Nurna Ningsih

Tujuan: Masa remaja merupakan masa peralihan dari masa anak-anak menuju kematangan fisik menjadi dewasa. Pada anak perempuan berfungsinya sistem reproduksi diawali dengan menarche, hal ini dapat menimbulkan kecemasan apabila tidak disiapkan secara kognitif, afektif dan psikomotor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi media permainan edtatis dan video tentang menarche terhadap pengetahuan siswi di SD Negeri 90 Palembang.


Metode: Desain Penelitian ini adalah pre-eksprerimental dengan one group pretest dan posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswi di SD Negeri 90 Palembang yang diambil sebagai sampel sebanyak 34 orang yang diambil menggunakan purposive sampling. Data dianalisis dengan uji statistik uji marginal homogenity.


Hasil: Hasil penelitian ini mendapatkan 14 siswi pengetahuan kurang  sebelum  diberikan intervensi dan sesudah diberikan intervensi mendapatkan 29 siswi pengetahuan yang baik. Hasil uji statistik terdapat perbedaan yang signifikan terhadap pengetahuan siswi di SD Negeri 90 Palembang sebelum dan setelah pendidikan kesehatan dengan p value 0.000 (p value < 0,05).


Simpulan: Penelitian ini dapat diterapkan melalui penyuluhan tentang menarche kepada siswi agar siap secara fisik dan psikologis menghadapi tugas perkembangannya sebagai perempuan yaitu menarche dan berperilaku dengan benar dan sehat ketika menarche terjadi.

Keywords: Menarche permainan edukasi pengetahuan