Main Article Content

Bima Aminul Karim
Indah Aini
Fatimah Azzahra

Tujuan: Relaksasi benson dan pursed lips breathing merupakan terapi modalitas komplementer. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan Relaksasi Benson dan Pursed Lips Breathing terhadap tekanan darah dengan riwayat hipertensi pada lansia.


Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Subyek penelitian ini merupakan komunitas lansia Porselando yang berada di kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang Jawa Timur. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini dimulai dari bulan September 2021 sampai dengan bulan Desember 2021. Data diperoleh dengan lembar observasi setelah dilakukan tindakan.


Hasil: Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh yang signifikan dalam pemberian Relaksasi Benson dan Pursed Lips Breathing dengan hipertensi pada lansia (p value<0.05)


Simpulan: Relaksasi benson dan pursed lips breathing memberikan pengaruh terhadap tekanan darah pada lansia. Sehingga bisa menjadi rekomendasi untuk dijadikan terapi pendamping komplementer dalam menurunkan tekanan darah.

Keywords: Relaksasi benson pursed lips breathing tekanan darah