Main Article Content

Vike Pebri Giena
Sela Wahyuni
Hanifah

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek media audio visual terhadap sikap kesiapsiagaan masyarakat dalam bencana banjir.


Metode: Studi ini adalah studi pra-eksperimental dengan satu kelompok pretest - posttest. Anggota masyarakat di desa Tanjung, Kecamatan Hamparan Rawang, Provinsi Jambi, direkrut dalam penelitian ini dengan menggunakan sampel purposive. Orang dewasa dari komunitas yang berjumlah 77 orang direkrut dalam penelitian ini. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang terdiri dari 14 item. Data dianalisis dengan menggunakan wilcoxon signed rank test.


Hasil: Studi pra-eksperimental ini menunjukkan bahwa penyediaan media audio visual sebagai edukasi bencana banjir berdampak pada sikap kesiapsiagaan masyarakat. ( = 0.000 <  = 0.05). Media audio visual sebagai salah satu media pembelajaran untuk memberikan edukasi tentang kesiapsiagaan banjir berkorelasi positif dengan sikap masyarakat. Sikap secara positif terkait dengan pendidikan dari media audio visual.


Simpulan: Media audio visual ternyata efektif untuk meningkatkan sikap masyarakat terhadap kesiapsiagaan bencana banjir. program pendidikan bencana banjir melalui media audio visual harus ditingkatkan dan dirancang lebih baik dalam studi masa depan.

Keywords: Audio visual sikap kesiapsiagaan banjir