Main Article Content

Zulian Effendi
Sri Maryatun
Herliawati

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui pengaruh psikoedukasi melalui aplikasi SDASI terhadap tingkat depresi, ansietas dan stres pada remaja korban bullying.


Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan quasi experiment dengan rancangan one grup pre-post test design. Jumlah responden sebanyak 30 remaja. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pemberian edukasi diberikan secara berkelompok menggunakan media aplikasi android SDASI sebanyak dua kali pertemuan. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner pada pre test dan post test.


Hasil: Hasil uji statistik dengan uji dependent t-Test menunjukkan bahwa terjadi penurunan skor sebelum dan sesudah dilakukan psikoedukasi melalui aplikasi SDASI dengan nilai p=0,001.


Simpulan: Psikoedukasi melalui aplikasi SDASI secara signifikan dapat menurunkan tingkat depresi, ansietas dan stress pada remaja korban bullying.

Keywords: Remaja Depresi Ansietas Stres Android